Wisata Lokal: Bukit Jamur

Header Menu


Wisata Lokal: Bukit Jamur

Natalius
Senin, 12 Januari 2015

Beberapa waktu ini masyarakat di Kalimantan Barat sedang ramai membicarakan dan menggandrungi suatu obyek wisata, sebuah bukit kecil yeng terletak di Kabupaten Bengkayang, warga menyebutnya Bukit Jamur.

Sebuah bukit Batu yang terletak di Desa Jaku, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, tak jauh dari ibu kota Bengkayang ini mempunyai daya tarik tersendiri. Menuju kaki bukit cuma membutuhkan waktu 5-10 menit menggunakan motor.
Pemandangan di puncak bukit jamur, Bengkayang
Pemandangan di Puncak Bukit Jamur
Bukit ini disebut-sebut akan menampilkan pesona indahnya pada musim hujan, sebab kita akan menikmati kabut yang tampak menutupi pemandangan di bawahnya, seolah-olah kita berada di atas awan. Medan pendakian cukup sulit karena kabarnya kemiringan jalur pendakian hampir mendekati 80 derajat dan jarang sekali kita akan menemui fasilitas-fasilitas layaknya sebuah tempat wisata pada umumnya mengingat tempat ini barui saja digemari dan belum tersedianya tempat pemberhentian maupun fasilitas umum lainnya seperti toilet maupun tempat sampah.

Menurut kabar nama Jamur disini bukanlah berasal dari kata "Jamur" sebagai spesies makhluk hidup namun berasal dari bahasa setempat berarti "Jemur" karena jaman dulu masyarakat setempat menjadikan tempat ini untuk menjemur padi hasil panen. 

Bukit ini memiliki ketinggiannya sekitar 500 mdpl dan pendakian di Bukit Jamur, dilalui selama dua sampai tiga jam.

Penulis sendiri belum pernah kesana, besar keinginan untuk dapat pergi kesana, ada yang berminat mendaki bersama ? hehe kita galakkan wisata lokal yuk! Salam (NA)

Foto: Doc: Efendi Melpubles - Jurnalis Warga Bumi Sebalo
Sumber Foto: http://www.matakalbar.com/baca/585/2014-09-12/indahnya.panorama.alam.bukit.jamur