Steigher Tayan Banyak Sampah

Header Menu


Steigher Tayan Banyak Sampah

Natalius
Senin, 17 Desember 2012

Sungai atau tepian sungai menjadi tempat tumpukan sampah, sudah biasa dan selalu menjadi tempat favorit sebagai tempat warga membuang sampah, hal  tersebut juga terjadi di kota ku tercinta, Tayan.

Steigher/pelabuhan kecil di tepian sungai Kapuas yang berada di  Desa Kawat Kecamatan Tayan Hilir menjadi pelabuhan terakhir dari sampah-sampah yang diproduksi warga. Sudah seperti lazim, warga masyarakat kota kecil ini membuang sampahnya ke sungai dan apabila di saat air Sungai Kapuas surut akan terlihat gunungan sampah di steigher tersebut. Hampir setiap hari, warga membuang sampah ditempat itu. Namun belakangan tak hanya di tempat itu, warga juga membuang sampah dari jembatan Sungai Tayan yang ada di dusun Dalam Tayan. Kondisi ini tentu sangat mengancam kebersihan sungai yang masih digunakan masyarakat untuk keperluan sehari-hari serta merusak pandangan mata. Alasan warga membuang sampah ke sungai antara lain adalah tidak tersedianya tempat pembuangan sampah yang memadai menampung sampah-sampah yang dihasilkan masyarakat.

Sampah yang ada di Steigher Desa Kawat
Permasalahan sampah yang ada di Tayan ini adalah tanggung jawab bersama masyarakat serta pemerintah setempat, perlu adanya kepedulian dari instansi pemerintah terkait seperti disediakannya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) bagi warga kota kecil yang makin hari makin padat ini, serta dituntut pula kesadaran dari warga masyarakat itu sendiri, sebab memang masalah sampah sudah menjadi persoalan serius.