Festival Budaya Keraton Pakunegara Tayan Kembali Digelar

Header Menu


Festival Budaya Keraton Pakunegara Tayan Kembali Digelar

Natalius
Selasa, 21 Oktober 2014

Keraton Pakunegara Tayan akan menggelar Pagelaran Seni dan Festival Budaya yang akan dimulai pada Sabtu 25 Oktober 2014 dan akan berakhir pada tanggal 30 Oktober 2014. 

Festival Budaya Keraton Pakunegara Tayan Tahun 2014 ini bertujuan untuk pelestarian seni budaya tradisi bangsa, menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif masyarakat akan seni dan budaya, serta memberikan informasi dan publikasi tentang budaya yang ada di Tayan. 

Logo Festival Budaya TayanDalam kegiatan ini akan diadakan Upacara Mandi Bedil Raja’ dan perang ketupat pada 25 Oktober yang bertepatan dengan perayaan 1 Muharam, yang sudah menjadi tradisi keraton Tayan yang mana setiap 1 Muharam diadakannya ritual Mandi Bedil Raja’ yang merupakan benda pusaka Keraton Pakunegara Tayan. Selain itu dalam event ini juga akan diadakan berbagai macam kegiatan seperti seremonial pembukaan, karnaval budaya serta berbagai lomba seperti lomba tarian daerah, kasidah, berpantun, sumpit, gasing, kaki antu(engrang) serta berbagai lomba tradisional dan pementasan kesenian tradisional lainnya. 

Event yang menjadi Kegiatan Tahunan Keraton Pakunegara Tayan ini juga akan turut dihadiri oleh Raja-raja atau Sultan se-Kalimantan Barat, serta Nusantara maupun dari Luar Negeri seperti Malaysia dan Brunei Darusallam.