Menghasilkan Uang di Internet

Header Menu


Menghasilkan Uang di Internet

Natalius
Jumat, 05 September 2014

Mencari Uang melalui blog atau internet bukan hal yang mustahil saat ini, jika dahulu internet dimanfaatkan sebagai media untuk mengakses berita ataupun informasi serta komunikasi saat ini internet sudah dimanfaatkan oleh para netizen untuk mendapatkan penghasilan, terutama mereka yang biasa disebut blogger. Sesungguhnya peluang untuk mendapatkan uang dari internet bukan ada saat baru-baru ini, tetpi sejak internet pertama kali ada peluang ini sudah ada, akan tetapi trend mendapatkan uang atau penghasilkan dari internet hanya baru booming saat ini.

Nah, bagaimana caranya mendapatkan uang atau penghasilan di internet? Ada ribuan cara yang bisa dipakai untuk menyedot Rupiah atau bahkan Dollar dari dunia maya ini, dengan syarat ya punya koneksi internet, laptop atau komputer untuk mengerjakannya.

Disini saya hanya sedikit menguraikan beberapa cara yang umumnya digunakan netizen terutama blogger untuk mendapatkan penghasilan, tak tanggung-tanggung lho, ada yang menjadikannya sebagai mata pencaharian utama alias full time mencari uang di internet.
Internet dan blog bisa menghasilkan uang
1. Pay per Post

Pay per Post atau sponsored reviews, adalah menulis review sesuai permintaan sponsor yang membayar tulisan kita. Pay per Post biasanya melalui broker, atau penyalur yang mencari blogger-blogger yang sesuai untuk diberikan pekerjaan menulis sesuai pesanan si empunya duit atau sponsor. Ada banyak broker program ini, di Indonesia sendiri yang saya kenal adalah Idblognetwork dan paidreviewindonesia.com.

Untuk dapat mengikuti program Pay Per Post biasanya para pengiklan atau sponsor mencari blog yang memenuhi kriteria berupa Page Rank, Alexa Rank, isi atau tema konten blog yang sesuai.

2. Pay per click (PPC)

Sesuai namanya PPC adalah program yang membayar anda bila ada iklan yang anda pasang di blog/web yang diklik pengunjung blog/web anda. Google Adsense satu diantara program PPC manca negara yang sangat populer yang terbukti telah memberikan banyak dollar ke kantong para blogger, saya sendiri sempat mengikuti program ini, namun karena aturan yang super ketat yang diterapkan oleh pihak penyedia program, akun saya akhirnya di banned dan hingga sekarang saya belum diterima kembali.

Namun selain itu ada juga penyedia program PPC popular lainnya, seperti Infolinks, dan Chitika. Di Indonesia juga ada pogram PPC lokal seperti di atas, diantaranya KlikSaya, KumpulBlogger, dan AdsenseCamp.

3. Iklan mandiri

Iklan mandiri merupakan sumber pendapatan dari internet di blog yang berupa menyediakan slot iklan berupa banner di blog sendiri tanpa menggunakan peerantara atau broker, pihak pengiklan yang ingin iklannya ditampilkan di blog dapat menghubungi pengelola blog tersebut secara langsung. Blog yang mendapatkan penghasilan yang lumayan dari iklan mandiri biasanya adalah blog yang memiliki traffic atau kunjungan per hari yang tinggi, sehingga pengiklan percaya bahwa iklan mereka yang dipasang di blog pasti akan dilihat oleh pengunjung. Masalah harga slot iklan tergantung kesepakatan antara pengiklan dan pemilik blog, semisal pemilik blog mematok harga Rp. 100.000 per bulan untuk sebuah iklan banner ukuran 125X125 di sidebar blog.

4. Afiliasi 

Program afiliasi adalah program mempromosikan produk orang lain, para blogger akan dibayar berdasakan seberapa banyak barang yang dipromosikan oleh blog tersebut yang dibeli oleh orang, pembayarannya berupa komisi, Amazon adalah program afiliasi yang paling populer di dunia yang layak dicoba, antara lain.

Empat cara menghasilkan uang melalui internet di atas adalah cara yang lazimnya dipakai oleh para blogger baik itu pemula maupun yang fulltime blogger sekalipun, Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa ada banyak cara menhasilkan uang melalui internet, tetapi keempat cara diatas menurut saya yang paling banyak atau umum digunakan. Tertarik mencoba? selamat mencoba sobat! (NA)