Sumber Sejuta Inspirasi

Header Menu


Sumber Sejuta Inspirasi

Natalius
Jumat, 29 Agustus 2014

Sumber Inspirasi
Ini adalah tulisan reblog dari SINI sebuah blog yang tak terurus yang juga milik saya, bukannya saya tidak percaya diri untuk menulis yang baru tetapi sayang jika dilewatkan begitu saja, oleh karena itu saya posting ulang disini.

Inspirasi datang terkadang tidak terduga, dan datang kapan saja. Ia lahir ketika panca indera menangkap sesuatu yang dapat menarik perhatian. Inspirasi layaknya sebuah misteri yang sangat sulit untuk dipecahkan dan tidak mudah untuk ditemukan begitu saja, saat ia datang tidak terduga dan disaat yang kurang tepat buat kita untuk mendokumentasikan inspirasi itu ia akan segera hilang apabila tidak sesegera mungkin dituangkan atau didokumentasikan. 

Mungkin ini yang sering kali ku alami. Bentuk dokumentasi sementaraku apabila inspirasi itu hinggap ke dalam benakku adalah sebuah catatan kecil dalam sebuah buku kecil yang selalu kemana-mana ku bawa, sehingga setelah dalam keadaan yang memungkinkan untuk menuangkan dalam kumpulan kata-kata di blog tidak akan lupa atau sudah memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang akan ditulis, berdasarkan catatan kecil itu. 
Inspirasi memang datang kapan saja, dan dalam kondisi apapun
Lalu darimana datangnya inspirasi itu? atau sumber dari inspirasi tersebut? Dari beberapa pengalamanku mendapatkan inspirasi, ia terkadang datang dari sumber yang tidak terduga, setiap kali panca inderaku menangkap sesuatu hal yang menarik pasti muncul ide di dalam benakku untuk merumuskannya ke dalam bentuk tulisan. Bentuk-bentuk sumber inspirasi itu menurutku bersumber dari :
  1. Bentuk Fisik : Bentuk fisik ditangkap oleh indera penglihatanku, ia dapat berupa benda ataupun tulisan orang lain di dalam koran, majalah, ataupun blog orang lain. 
  2.  Bentuk berupa bunyi : Bentuk ini ditanggap oleh indera pendengaranku, ia dapat berbentuk musik ataupun bunyi-bunyian yang menarik lainnya. 
  3. Bentuk berupa bau : Kadangkala indera pembau/penciumanku menangkap bau khas/unik ataupun yang kurang sedap, dan ingin sekali kutuangkan dalam tulisan untuk menggambarkan bau yang telah ditangkap oleh hidungku tersebut. 
  4. Bentuk Lainnya : Audio visual ( Televisi ) ataupun cerita seseorang kepada kita serta kejadian atau pengalaman yang ku alami seringkali pula menginspirasiku untuk menulis, menceritakannya kembali. 
Inspirasi memang datang kapan saja, dan dalam kondisi apapun, segala macam sumber disekeliling kita dapat dijadikan sumber inspirasi dalam menulis, jadi menurutku tidak akan pernah habis sumber atau inspirasi untuk diangkat menjadi sebuah topik tulisan, maka dengan demikian akan terjadi terus pembaruan (update) pada blog kita. Semangat teman. Ngeblog menyenangkan karena kita dapat menulis apa saja, yang kita lihat, kita rasa, dan kita alami.