Gambar Seram di Bungkus Rokok

Header Menu


Gambar Seram di Bungkus Rokok

Natalius
Minggu, 03 Agustus 2014

Rokok merupakan salah satu sumber kematian yang mengerikan bagi manusia, betapa tidak dengan menghisap rokok manusia berarti menghisap berbagai kandungan racun yang terdapat dalam rokok. Walaupun sudah tahu rokok merupakan sumber kematian yang mengerikan tetapi jumlah perokok aktif tidaklah sedikit, di Indonesia saja menurut Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013, Kementerian Kesehatan RI menyatakan perilaku merokok penduduk usia 15 tahun ke atas sejak 2007 sampai pada tahun 2013 terus mengalami peningkatan dari 34,2% pada 2007 menjadi 36,2% pada 2013.

Oleh karena itu Pemerintah Indonesia berusaha menekan jumlah perokok aktif di Indonesia dengan berbagai strategi, salah satunya adalah Peraturan Pemerintah No 109/2012, yaitu kebijakan yang mewajibkan memasang gambar seram pada bungkus rokok yang mulai diberlakukan pada 25 Juni 2014 yang lalu. Ada lima(5) gambar yang akan dipasang di bagian kepala bungkus rokok. Lima gambar itu adalah kanker mulut, kanker paru dan bronkitis akut, kanker tenggorokan, merokok membahayakan anak, serta merokok membunuhmu, Peraturan ini wajib dilaksanakan oleh semua produsen rokok yang ada di Indonesia.
5 Gambar Seram Pada Bungkus Rokok
Seiring diterapkannya PP Nomor 109 Tahun 2012 ini pendapatan negara dari pos Bea Cukai Rokok yang jumlahnya cukup besar menyumbang devisa negara juga akan ikut menurun, disebabkan menurunnya jumlah perokok aktif di Indonesia.

Di satu sisi rokok memberikan pengaruh yang sangat buruk bagi kesehatan masyarakat, dan ini adalah tanggung jawab pemerintah untuk tetap memelihara kesehatan masyarakatnya, namun disisi lain usaha penurunan jumlah perokok juga akan berpengaruh banyak bagi penerimaan negara, maupun bagi banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari rokok, mulai dari petani tembakau hingga ke para buruh pabrik rokok.

Saya sendiri juga adalah seorang perokok aktif hingga saat saya menuliskan tulisan ini, saya turut menyadari akan bahaya merokok bagi kesehatan saya maupun kesehatan orang-orang di sekeliling saya, semoga apapun kebijakkan pemerintah adalah sebuah kebijakkan yang memberi dampak baik bagi masyarakatnya. Salam