Mengatasi Tidak Percaya Diri Dengan Tulisan Sendiri

Header Menu


Mengatasi Tidak Percaya Diri Dengan Tulisan Sendiri

Natalius
Kamis, 31 Juli 2014

Menulis dengan baik dan benar tentu sangat diinginkan oleh semua orang yang berhubungan dengan dunia tulis menulis, seperti blogger. Namun masih banyak blogger yang "Katanya" belum menulis dengan baik dan benar seperti tulisan saya ini, entah itu menurut kaidah tata bahasa ataupun menurut ilmu Search Engine Optimazation sebab blogger selain harus tunduk pada kaidah bahasa yang baik juga harus memenuhi kriteria tulisan yang baik untuk SEO jika ingin tetap nangkring di tangga atas mesin pencari, katanya.

Ilustrasi Menulis
Tuntutan demi tuntutan dalam menulis tersebut seringkali membuat kita tidak percaya diri dalam menulis konten asli, sehingga melakukan tindakan copy paste, ya selain kurangnya pengetahuan tentang bahasan yang ditulis sih. Akan tetapi ketidakpercayaan terhadap tulisan diri sendiri sebenarnya bisa diatasi dengan terus menerus mengoreksi tulisan dan berlatih menulis secara teratur, sehingga pada akhirnya dihasilkan tulisan yang dianggap baik. Menulis secara teratur juga selain melatih kemampuan menulis juga agar blog update terus secara berkala sebenarnya.

Banyak penulis mengatakan:
Tinggalkanlah tulisanmu untuk dapat dibaca oleh keturunanmu dan orang lain
Pendapat tersebut ada benarnya juga, sebab tulisan yang kita hasilkan adalah hasil karya kita yang dapat kita tinggalkan dan wariskan kepada siapa saja, manusia bisa kapan saja meninggalkan kehidupan ini, tetapi tulisannya bisa dibaca sampai kapanpun. Kita sekarang ini dapat belajar sebab orang-orang di jaman dahulu meninggalkan tulisan, sehingga kita tahu apa yang terjadi pada masa lampau atau isi pemikiran mereka serta ilmu yang telah mereka dapatkan dan kembangkan. Menulis berarti mengabadikan nama kita, menulis berarti mendokumentasikan isi pikiran dan ilmu yang telah kita miliki, sebeb kemampuan otak manusia juga memiliki batasan untuk mengingat, tulislah jika ingin ingatan tersebut tetap abadi.

Lalu bagaimana jika kita tidak percaya diri dengan tulisan yang kita hasilkan, malu jika dibaca orang lain dan ditertawakan jika banyak kesalahan?
  1. Cara mengatasi kekurang percayaan diri terhadap tulisan yang dihasilkan adalah dengan terus menulis dan menulis, sebab lain orang lain gaya menulisnya. Tak semua orang yang mentertawakan tulisanmu bisa menulis sepertimu, jadi kenapa mesti masih tidak percaya diri dengan tulisanmu.
  2. Selain terus menulis, berikan tulisanmu kepada orang yang kamu percayai dan kamu anggap lebih baik menulisnya dari kamu, minta dia agar beri penilaian dan koreksi tulisanmu, beratihlah menulis lagi sesuai arahannya, sebab jika kamu sudah mempercayainya dan menganggapnya lebih baik menulis dar pada kamu, berarti saran yang ia berikan akan membuatmu lebih baik dalam hal menulis.
  3. Selanjutnya publikasikan tulisanmu, mempublikasikan tulisanmu sudah pasti perlu sebuah media, baik itu berupa hard copy, maupun kamu muat di blog pribadimu, jika tulisanmu sudah dipublikasikan pasti akan ditanggapi oleh para pembaca tulisanmu, nah dengarkan tanggapan mereka, perbaiki apa yang mnurutmu mesti diperbaiki.

Nah, semakin percaya diri kan menulisnya? Ayo teruslah abadikan isi pemikiranmu melalui tulisan, mari menulis kawan!Salam

Sumber Gambar: Sitekno.com