Hari Anak Nasional Tahun 2014

Header Menu


Hari Anak Nasional Tahun 2014

Natalius
Rabu, 23 Juli 2014

Hari ini, 23 Juli 2014 adalah Hari Anak Nasional, dimana di Indonesia perayaan Hari anak diperingati setiap tanggal 23 Juli setiap tahunnya semenjak 1984 sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984.
Indonesia Satu Aksi, Stop Kekerasan terhadap Anak
Hari anak diperingati dengan berbagai cara di berbagai daerah maupun instansi atau lembaga yang ada di bumi nusantara ini, Google pun tidak ketinggalan memperingati Hari Anak Nasional Tahun ini, seperti yang kita lihat saat membuka laman pencarian raksasa tersebut terpampang sebuah gambar congklak yang merupakan salah satu jenis permainan anak yang cukup populer. 
Google Doodle Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional yang pada mulanya bertujuan untuk mewujudknn kesejahteraan anak di Indonesia ini memiliki tema yang beragam dari tahun ke tahun, untuk Hari Anak Nasional tahun 2014 ini bertema 'Indonesia Satu Aksi, Stop Kekerasan terhadap Anak'. Sebuah tema yang tepat untuk peringatan hari anak pada tahun ini sebab seperti kita ketahui  berbagai peristiwa dan kasus kekerasan terhadap anak seperti kekerasan fisik maupun kekerasan seksual telah merenggut kebebasan anak Indonesia  kerap terjadi akhir-akhir ini, seperti halnya aksi sodomi di Jakarta International School (JIS). kemudian, kasus predator seks anak di Sukabumi yang dilakukan oleh Emon terhadap ratusan anak berusia 8 - 13 tahun, dan masih banyak kasus lainnya.

Pentingnya anak sebagai titipan negara pada keluarga diatur dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 1979 dan Keputusan Presiden No.44 tahun 1984 tentang Hari Anak Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Penetapan tanggal 23 Juli ini bertepatan dengan tanggal diundangkannya UU.No.23 Tahun 1979 tersebut diatas.

Semoga dengan peringatan hari anak ini dapat meningkatkan kesejahteraan anak Indonesia, menjauhkan mereka dari berbagai aksi kekerasan yang selalu mengintai anak kapan saja, sebab anak adalah titipan Tuhan kepada setiap manusia yang harusnya mendapatkan perlindungan.

Selamat Hari Anak  Nasional Tahun 2014. Salam (NA)